Informasi Umum
PENGUMUMAN TENTANG PENGEMBANGAN SISTEM E-REGISTRATION DAN SUBSITE
JAN
10
2017
P E N G U M U M A N
TENTANG
PENGEMBANGAN SISTEM E-REGISTRATION DAN SUBSITE


Sehubungan dengan pengembangan sistem di Direktorat Penilaian Keamanan Pangan, dengan ini diinformasikan beberapa hal sebagai berikut :
1. Sesuai dengan Peraturan Kepala Badan POM No. 12 Tahun 2016 tentang Pendaftaran Pangan Olahan, Direktorat Penilaian Keamanan Pangan telah mengembangkan sistem e-registration pangan olahan untuk notifikasi daftar ulang dan kategorisasi tingkat risiko penilaian yang akan diberlakukan pada tanggal 3 Januari 2017. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut:
a. Mekanisme notifikasi daftar ulang pada sistem e-registration pangan olahan yang diajukan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
• Notifikasi daftar ulang berlaku untuk perpanjangan Nomor Ijin Edar pangan olahan dan telah sesuai dengan peraturan yang berlaku.
• Pengajuan notifikasi daftar ulang untuk pangan olahan impor wajib mengunggah surat penunjukkan yang terbaru dan masih berlaku sesuai dengan ketentuan pada Peraturan Kepala Badan POM No. 12 Tahun 2016 tentang Pendaftaran Pangan Olahan.
• Nomor izin edar yang belum memenuhi ketentuan peraturan baru yang berlaku agar mengajukan perubahan data terlebih dahulu sebelum pengajuan notifikasi daftar ulang.
Petunjuk pengisian notifikasi daftar ulang dapat dilihat pada lampiran.
b. Mekanisme penilaian pendaftaran pangan olahan sesuai dengan kategorisasi tingkat risiko penilaian adalah sebagai berikut:
• Tingkat risiko tinggi dan sedang diproses penilaian lebih lebih lanjut oleh petugas
• Tingkat risiko rendah dan sangat rendah diproses dengan notifikasi pendaftaran
Petunjuk pengisian penetapan kategorisasi tingkat risiko penilaian dapat dilihat pada lampiran.
2. Dalam rangka kemudahan akses informasi bagi pelaku usaha, Direktorat Penilaian Keamanan Pangan telah mengembangkan subsite yang dapat diakses di alamat http://registrasipangan.pom.go.id dengan beberapa layanan yang di sediakan sebagai berikut:
a. Informasi terbaru melalui berita dan artikel
b. Penelusuran status data pendaftaran pangan olahan secara manual (e-Track) dapat menggunakan akun e-Track lama yang biasa digunakan di ruang pelayanan Dit. PKP. Bagi pendaftar yang belum memiliki akun e-Track dapat mengirimkan permohonan pembuatan akun melalui email ke subsite_pkp@pom.go.id
c. Pendaftaran konsultasi helpdesk.
d. Konsultasi teknis pendaftaran pangan olahan.

Demikian, untuk diketahui dan digunakan.





by : Direktorat Penilaian Keamanan Pangan
«Daftar Informasi Umum
        
        
© 2011 - Badan Pengawas Obat dan Makanan - Republik Indonesia
Suitable View @ Chrome / Firefox4+ / IE7+ / Opera / Safari